Android P Mulai Diperkenalkan, Inilah Fitur Terbarunya.

Teknatum - Android O atau Android Oreo masih terbilang belum lama dirilis. Hal ini karena belum semua perangkat Android mendapatkan update Android Oreo. Namun, Google sudah mulai memperkenalkan penerus dari Android Oreo ini. Android terbaru penerus Android Oreo saat ini dikenal sebagai Android P.

Fitur Android P
Android Developer

Sama seperti Android versi sebelumnya yang mengusung nama dessert atau cemilan, Android P kabarnya akan menggunakan nama es krim yang ditaburi kacang pistachio. Oleh karena itu, Android P ini disebut - sebut akan menggunakan nama Pistachio Ice Cream, yang merupakan salah satu varian dari makanan khas Italia.

Saat ini Android P masih dalam masa perkembangan Developer Preview 1. Android P masih dalam versi beta dan baru bisa digunakan oleh beberapa perangkat Google Pixel. Menurut kabar yang beredar, Android P akan dirilis secara resmi pada bulan Mei mendatang, bersamaan dengan ajang Google I/O 2018 yang akan diselenggarakan di Shoreline, Amerika Serikat. Berikut ini Teknatum akan memberikan ulasan mengenai perubahan dan fitur baru apa saja yang terdapat di Android P.

1. Tampilan
Pada Android P ada perubahan tampilan penanda jam dan notifikasi yang digeser ke bagian kiri layar, sehingga memiliki "notch" mirip iPhone X. Kemudian menu Setting dan Quick Setting tampil lebih berwarna, ikon pengaturan didimonasi dengan warna cerah. Dock Android P di bagian yang berisi daftar aplikasi favorit dan Google Search akan dibalut dengan warna buram yang membedakannya dari tampilan keseluruhan layar bagian depan. Selain itu, pada tombol power akan ditambah opsi screenshot. Posisi tampilan volume juga akan diletakkan di sisi kanan layar. Perubahan juga terdapat pada tampilan font, yaitu menggunakan font Product Sans. Perubahan tampilan yang paling drastis adalah perubahan tampilan antarmuka (UI). UI Android P dibuat menyerupai UI iOS pada iPhone yang dimaksudkan untuk menarik minat pengguna iPhone agar beralih menggunakan perangkat Android.

2. Layanan Bluetooth HID
Android P akan mendukung layanan Bluetooth HID yang bisa menyulap perangkat jadi keyboard bluetooth. Layanan ini memungkinkan perangkat untuk difungsikan sebagai keyboard QWERTY atau mouse berbasis bluetooth.

3. Aplikasi pendukung multi kamera
Android P akan dibekali dengan aplikasi untuk menjalankan kamera ganda yang diusung oleh smartphone saat ini.

4. Gmail Smart Replies
Android P akan dilengkapi dengan fitur Smart Reply di Gmail dan Google Allo. Fitur ini akan mempermudah pengguna dalam menjawab pesan dengan jawaban singkat yang paling sesuai.

5. Dapat melihat pesan gambar di notifikasi
Pengguna Android P akan dapat melihat cuplikan pesan gambar hanya dengan men-swipe ke bawah papan notifikasi dari atas layar tanpa perlu membuka lampiran pesan tersebut terlebih dahulu.

6. Notifikasi percakapan personal dan percakapan grup akan dipisahkan lebih jelas
Pada Android versi terdahulu, notifikasi percakapan personal dan grup memang bisa dipisahkan. Namun pada Android P nantinya tampilan notifikasi percakapan akan lebih jelas, sehingga pengguna tidak perlu sering mengetuk layar untuk melihat pesan lebih lengkap.

7. Zooming - Text
Fitur Zooming - Text memungkinkan pengguna untuk melihat teks yang diketik dengan lebih jelas. Pengguna hanya perlu mengarahkan kursor ke kata yang dikehendaki untuk di zoom.

8. Peta indoor
Android P akan menggunakan Wi-Fi Protokol IEEE 802.11mc atau dikenal dengan Wi-Fi Round Trip Time (RTT) yang memungkinkan pengguna untuk melihat peta ruangan indoor melalui aplikasi navigasi.

9. Fitur Kompresi Foto
Fitur kompresi foto ini sebelumnya sudah ada di iOS 11. Android P juga akan mengusung fitur ini agar dapat menghemat ruang penyimpanan. Dengan fitur kompresi ini, transfer foto juga akan lebih menghemat data. Gambar format JPEG yang sudah dikompres melalui teknologi High Efficiency Image File (HEIF) akan tersimpan sebagai gambar dengan format HEIC (High Efficiency Image Container).

10. Peningkatan Password Otomatis
Pada Android P akan ada perbaikan skema pengisian password otomatis, sehingga pengguna tak perlu mengisi form online atau lainnya sebelum masuk ke situs atau platform.

Demikian ulasan mengenai perubahan dan fitur terbaru dari Android P yang dapat Teknatum bagikan. Bagi pembaca yang penasaran dengan Android terbaru ini, diharapkan untuk bersabar hingga Android P resmi dirilis secara global. Semoga informasi mengenai Android P ini dapat bermanfaat. Kunjungi Teknatum untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai gadget saat ini.

0 Response to "Android P Mulai Diperkenalkan, Inilah Fitur Terbarunya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel