Dampak Jika Tak Lakukan Registrasi Ulang Kartu SIM

Teknatum.com - Seperti kita ketahui, Pemerintah mewajibkan pengguna kartu SIM untuk melakukan registrasi menggunakan NIK dan nomor KK. Kebijakan ini diberlakukan sejak tanggal 31 Oktober lalu. Kemudian, batas akhir dari registrasi ulang kartu SIM jatuh pada 28 Februari 2018. Bagi kebanyakan orang masih malas melakukan registrasi ulang untuk kartu SIM. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemerintah akan menindak tegas pelanggan operator seluler yang tidak melakukan registrasi.

Dampak Tak Registrasi Kartu SIM

Sanksi akan diberikan kepada pengguna kartu SIM yang tidak melakukan registrasi hingga batas akhir. Berita simpang siur mengabarkan bahwa kartu SIM akan langsung diblokir jika tidak melakukan registrasi. Namun, menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M Ramli, sanksi akan diterapkan secara bertahap.

Sebagai tahap awal, pemerintah akan memblokir layanan panggilan telepon dan pesan singkat (SMS) bagi pengguna kartu SIM yang tidak juga melakukan registrasi hingga tanggal 30 Maret 2018 atau 30 hari setelah batas akhir registrasi. Kemudian, akan ditambah waktu 15 hari, yaitu hingga 14 April 2018 jika pengguna belum juga melakukan registrasi. Pengguna bukan hanya tidak dapat melakukan panggilan telepon dan SMS, namun akses internetnya pun akan dimatikan.

Setelah itu, apabila pengguna kartu SIM tetap belum melakukan registrasi, pemerintah akan memberikan tenggang waktu lagi selama 15 hari untuk melakukan registrasi. Batas akhirnya adalah pada 29 April 2018. Jika sampai batas waktu tersebut pengguna kartu SIM tidak melakukan registrasi, maka nomor SIM miliknya akan diblokir.

Jadi ada beberapa tahap sanksi yang akan diberikan apabila pelanggan operator seluler tidak segera melakukan registrasi ulang menggunakan NIK dan nomor KK. Oleh karena itu, segeralah melakukan registrasi untuk kartu SIM yang dimiliki agar tetap nyaman menggunakannya. Tidak perlu khawatir data pribadi untuk registrasi ini akan disalahgunakan. Karena pemerintah menjamin bahwa data kependudukan yang digunakan untuk registrasi kartu SIM ini akan tetap aman, tidak bisa diakses oleh operator seluler dan tidak akan terjadi penyalahgunaan terhadap data tersebut.

Baca Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Dampak Jika Tak Lakukan Registrasi Ulang Kartu SIM"

Post a Comment