Inilah Alasan Diwajibkannya Registrasi Kartu SIM

Teknatum.com - Pemerintah mewajibkan para pengguna seluler untuk registrasi kartu SIM menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Proses registrasi ini memang sudah lama dilakukan dengan menggunakan NIK. Namun kali ini pemerintah juga akan menggunakan nomor KK sebagai salah satu cara mengidentifikasi pengguna kartu SIM. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan nomor kartu SIM oleh pengguna seluler.

Alasan Wajib Registrasi Kartu Sim


Mengapa proses registrasi diwajibkan menyertakan nomor KK?

Proses registrasi kartu SIM dengan nomor KK yang diberlakukan ini disertai dengan proses validasi. Hal ini dilakukan agar lebih efektif dan meminimalisir adanya manipulasi data saat registrasi kartu SIM. Proses validasi dilakukan dengan mencocokan data yang diisikan pengguna saat proses registrasi dengan data kependudukan yang sudah terekam di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil). Oleh karena itu, selain NIK, diperlukan juga nomor KK dalam meregistrasi kartu SIM.

Menindaklanjuti hal tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, maka pemerintah mewajibkan masyarakat mengirimkan data pribadi asli berupa NIK dan monor KK ke operator.

Alasan Wajibnya Registrasi Kartu SIM

Beberapa alasan disampaikan pemerintah mengenai wajibnya validasi data pengguna telekomunikasi. Berikut alasan diwajibkannya registrasi kartu SIM menggunakan nomor KK.

Cegah Terorisme
Validasi kartu SIM dapat mencegah tindakan terorisme yang dilakukan dengan memanfaatkan kelonggaran pemeriksaan identitas saat registrasi awal kartu SIM. Sehingga tidak ada lagi pengguna yang membuang nomor setelah melakukan kejahatan.

Menanggulangi Hoax
Validasi data pribadi oleh operator seluler juga dapat menemukan atau mencegah dan penanggulangi kejahatan memakai perangkat komunikasi berupa ujaran kebencian ataupun menyebarkan berita hoax. Hal ini juga dapat melindungi dari kejahatan di dunia maya.

Penting untuk Ekonomi
Validasi data pelanggan telekomunikasi juga akan berimbas ke perekonomian karena sistem ini akan mempermudah proses transaksi. Sebagai contoh adalah manfaatnya dalam penyaluran bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu. Data penerima bantuan bisa diambil dari data operator seluler. Sehingga akan lebih praktis dibandingkan dengan harus mengambil data secara manual.

Mengamankan Transaksi Non Tunai
Validasi data pengguna kartu SIM melalui operator juga dapat mendorong transaki non - tunai melalui perbankan jadi lebih aman dan inklusif.

Cegah Kejahatan
Salah satu alasan utama adanya validasi data pengguna kartu SIM adalah pemerintah ingin meminimalkan penyalahgunaan dan kejahatan melalui sarana telekomunikasi, seperti penipuan atau spam (pesan sampah). Proses validasi ini juga dapat memudahkan dalam melacak jika ada laporan kriminal melalui sarana telekomunikasi.

Hal - hal tersebutlah yang mendasari pemerintah mewajibkan registrasi kartu SIM untuk semua pengguna sarana telekomunikasi. Sudahkah Anda melalukan registrasi maupun registrasi ulang kartu SIM Anda ? Teknatum akan menginformasikan tentang cara melakukan registrasi kartu SIM untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama. Dapatkan update berita terbaru mengenai teknologi hanya di teknatum.com .

Baca Lainnya :

1 Tanggapan untuk "Inilah Alasan Diwajibkannya Registrasi Kartu SIM"

  1. Bener sekali mba nya, selain manfaatnya begitu luas, cara registrasinya juga cukup mudah
    Bisa lewat smas
    Atau lewat dial pad pada layar smartphone

    ReplyDelete