Tips Merawat Baterai Non-removabel Dan Masalah Yang Sering Kita Jumpai

Teknatum.com - Sekarang ini banyak negara berkembang berlomba lomba untuk menciptakan suatu teknologi yang berguna dan bernilai jual tinggi. Salah satu terobosan teknologi yang mendapat pembaruan secara intensif dan signifikan adalah Handphone.
Merawat battery smartphone

Seiring perkembangan zaman, teknologi handphone berkembang menjadi telepon pintar atau yang sering kita sebut dengan smartphone. Dan yang menjadi trend saat ini adalah smartphone yang menggunakan baterai Non-removabel atau baterai tanam. Namun dengan menggunakan baterai tanam sering kita jumpai masalah di dalamnya.

Berikut ini masalah masalah yang sering kita jumpai dan sedikit tips yang saya bagikan dalam penggunaan baterai Non-removabel pada smartphone.

1. Kesulitan Dalam Penggantian Baterai

Pengguna smartphone dengan baterai Non-removabel biasanya akan merasakan kesulitan dalam penggantian baterai ketika kekuatan daya tahan baterai sudah lemah. Karena berbeda dengan baterai biasa pada umumnya, untuk mengganti baterai tanam anda mau tidak mau harus pergi ke servis center, karena membuka baterai tanam tidak bisa sembarangan dan harus membutuhkan keahlian khusus.

2. Penggantian Baterai Memerlukan Biaya Yang Mahal

Nah, selain susah dalam penggantian baterai, pemilik smartphone dengan baterai Non-removabel juga kadang merasa jengkel apabila ternyata baterai yang digunakan memang benar benar harus di ganti. Pasalnya penggantian baterai Non-removabel memerlukan biaya yang relatif mahal.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, anda tidak bisa melakukan penggantian baterai Non-removabel sendiri. Mau tidak mau harus menggantinya di service center dan tentunya akan muncul biaya penggantian diluar harga baterai barunya.

3. Tidak Dapat Bermain Game Secara Intensif

Selain tidak bisa mengganti baterai. Bagi anda penggemar game tetapi menggunakan baterai Non-removabel pada smartphone. Anda juga tidak bisa leluasa bermain game secara intensif karena faktor baterai yang tidak dapat dilepas. Anda tentu saja tidak bisa membawa baterai cadangan kan??
Selain ketiga masalah diatas, kita pastinya juga harus menjaga dan merawat baterai agar lebih awet. Adapun caranya adalah :
- Gunakanlah selalu charger yang sesuai. Bukan hanya sesuai dengan form portnya saja, tetapi juga sesuai dengan standar smartphone tersebut. Seperti kekuatan arus listrik yang dialirkan misalnya. Lebih baik jika menggunakan charger original.
- Charger smartphone anda ketika baterai mendekati habis, jangan menunggu sampai drop. Karena hal ini dapat membuat umur baterai menjadi lebih pendek.
- Hindari pula oleh charging. Beberapa smartphone memang sudah dilengkapi dengan pemutus arus ketika baterai telah terisi penuh. Akan tetapi membiarkan hp dalam keadaan charging selama berjam-jam dapat membuat baterai menjadi gemuk.
- Jangan gunakan smartphone anda untuk bermain game, memutar MP3 atau bahkan telepon saat keadaan charging. Hal ini membuat suhu baterai menjadi sangat panas, dan tentu saja mengurangi usia baterai tersebut. Selain dapat membuatnya mengembang.

Nah demikianlah ulasan tentang baterai Non-removabel dan tips Merawat agar tetap awet. Gunakanlah smartphone anda dengan bijak.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah bersedia membaca.
Terima kasih

Baca Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merawat Baterai Non-removabel Dan Masalah Yang Sering Kita Jumpai "

Post a Comment