5 Cara "Simple" Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Kamu

Teknatum.com - Internet jaman sekarang memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat kita. Bahkan ada yang lebih rela beli kuota internet daripada beli kebutuhan penting lainnya. Ga ketemu Internet sehari saja rasanya hambar bagai sayur tanpa garam.
Tips menghemat data internet yang simple

Tetapi pemakaian kuota data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan oleh provider. Semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya. Bisa bisa tekor kalau cara pemakaian data kamu juga tidak di kontrol.

Kalau kamu tidak bisa nyuruh provider untuk murahin harga paket datanya, yang bisa kamu lakukan adalah menghemat pemakaian data internetmu. Maka dari itu teknatum akan sedikit membagikan tips agar kuota data internet awet.

1. Gunakan Fitur Chrome '' Data Saver ''

Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan Fitur data Saver. Untuk mengaktifkan Fitur ini kamu bisa masuk ke menu Setting >>Data saver>>ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di smartphone kamu.

2. Batasi Update Aplikasi Hanya Jika Terhubung WiFi

Apabila kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka secara otomatis smartphone kamu akan meng-update aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang cukup besar. Hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk. Menangani hal ini kamu bisa aktifkan opsi WiFi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat smartphone kamu terkoneksi dengan Wifi. Untuk mengaktifkan kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Setting>>auto update apps>>Auto-update apps operasi wifi only.

3. Batasi Penggunaan Data di Masing-masing Aplikasi

Opsi android data usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu bisa mengakses melalui menu setting diaplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk menu setting >>back up & sync untuk melihat opsi penghematan data.

4. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Salah satu cara menghemat kuota internet kamu adalah dengan menon-aktifkan aku  yang memiliki sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya kamu bisa masuk ke menu setting >>accounts>>kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut akan secara otomatis tersambung ke Internet.

5. Edintifikasi aplikasi yang menyedot data internet

Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke Internet, namun hal ini tentu saja akan memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data kamu bisa masuk menu setting >>data usage. Scroll kebawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data internet kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

Nah demikianlah tips yang saya bagikan untuk menyiasati smartphone kamu agar menghemat kuota data. Jadi kamu bisa menghemat keuangan untuk keperluan lainnya yang mungkin lebih penting. Share yuk jika kamu memiliki tips selain diatas.

Baca Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara "Simple" Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Kamu"

Post a Comment