Windows 10, Pengguna Dapat Kendalikan PC dengan Mata, Bagaimana Caranya ?

Teknatum.com - Microsoft melakukan pengembangan untuk meningkatkan aksesbilitas Windows 10. Pengembangan ini dilakukan dengan menyematkan teknologi yang memungkinkan pengguna Windows 10 untuk menavigasikan dan mengoperasikan PC hanya dengan gerakan mata. Microsoft telah menyiapkan Eye Control versi beta sebagai teknologi yang akan digunakan untuk mengendalikan PC hanya dengan gerakan mata tersebut.

Eye Control Windows 10_1
Laptop Mag
Teknologi Eye Control ini diluncurkan Microsoft untuk membantu pengguna penyandang disabilitas yang tidak bisa menggerakkan tangannya agar dapat mengoperasikan PC layaknya pengguna normal. Eye Control pada Windows 10 ini dapat digunakan dengan menggunakan Launchpad. Launchpad Eye Control akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fungsi mouse, keyboard, maupun text-to-speech dengan melihat ikon di menu launchpad di bagian atas layar.

Untuk bisa menggunakan teknologi Eye Control ini, Windows 10 akan mendapatkan tambahan dukungan agar dapat terhubung dengan aplikasi pelacak mata. Aplikasi tersebut adalah Tobii Eye Tracker 4C. Meskipun saat ini Windows 10 masih terbatas hanya dengan dukungan satu aplikasi sebagai kamera pelacak gerak mata, Microsoft suda berencana untuk menambahkan dukungan aplikasi pelacak lainnya, seperti Tobii Dynavox PC Eye Mini, PC Eye Plus, Eye Mobile Plus, dan pelacak seri I di pembaruan berikutnya.

Menu Eye Control
Laptop Mag
Cara menggunakan Eye Control harus dengan PC yang mendukung teknologi ini. Apalbila PC sudah mendukung teknologi Eye Control, yang perlu dilakukan adalah mengunduh pratinjau Windows 10 versi terbaru ini. Setelah melakukan pembaruan Windows, pengguna hanya perlu mengunduh Driver HIDClass Tobii Eye Tracker. Pengguna harus melakukan instalasi untuk driver tersebut ke PC. Seletah selesai, pengguna dapat menggunakan Eye Control dengan mmbuka menu Setting, pilih Ease of Access. Kemudian pilihlah menu Plilihan Lain dan nyalakan Eye Control.

Eye Control
Laptop Mag
Selain memberikan kemudahan untuk menavigasikan PC hanya dengan gerakan mata, beberapa masalah juga akan pengguna temui dalam menggunakan fitur Eye Control ini. Hal ini disebabkan oleh Eye Control yang masih dalam tahap versi beta. Microsoft menyebutkan masalah yang telah terjadi sebelumnya, yaitu Eye Control tidak dapat bekerja dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, launchpad Eye Control akan mengaburkan interface Tobii selama kalibrasi perangkat, sehingga pengguna harus menonaktifkan Eye Control selama proses persiapannya.

Baca Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Windows 10, Pengguna Dapat Kendalikan PC dengan Mata, Bagaimana Caranya ?"

Post a Comment