Mengatasi Laptop Terkena Air

Teknatum.com - Belakangan ini banyak pengguna laptop yang secara tidak sengaja laptopnya terkena air hujan atau banjir. Kasus yang sering terjadi saat secara tidak sengaja, ternyata air merembes dari celah celah tas yang terkena hujan. Meletakan laptop dirumah atau di kantor tepat dibawah plafon yang bocor atau pengguna yang lupa meletakan laptop di lantai rumah dan ternyata saat bangun pagi banjir sudah masuk kedalam rumah dan menggenangi lantai dan laptop yang ada di bawah.
Mengatasi Laptop Terkena Air
Teman Pintar

Banyak komponen laptop yang tidak tahan air. Makanya bahaya banget kalau laptop kamu sampai kena air. Korsleting pada komponen laptop bisa memicu kerusakan parah pada laptop kamu. Tetapi tidak usah panik, semuanya bisa di cegah jika kamu bisa segera mengeringkanya. Berikut teknatum menerangkan beberapa langkah langkah yang harus kamu ketahui ketika laptop terkena air. Untuk mencegah air masuk ke laptop berinteraksi dengan komponen di dalamnya dan menyebabkan Korsleting, segera matikan laptop kamu jika terkena air. Atau cabut baterai laptop kamu. Dengan begitu arus listrik yang berinteraksi dengan air didalam laptop tidak akan memicu kerusakan komponen.

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam laptop, balik permukaan laptop kamu. Dengan begitu air bisa merembes keluar dari dalam laptop lewat celah celah yang ada di laptop. Jika bagian baterai dan tempat baterai laptop juga ikut terkena air, segera keringkan bagianya menggunakan lap lembut. Bagian kutub positif dan negatif tempat baterai sangat sensitif, jadi keringkan dengan hati hati. Jangan sampai merusaknya.

Selagi menunggu permukaan laptop yang kena air mengering, kamu bisa menjemur baterai yang basah. Tapi jangan sampai kena sinar matahari langsung. Gunakan kain kering untuk menutupi baterai guna mencegah struktur kimianya rusak. Jika laptop terendam air dan basahnya parah, bongkar juga bagian penting laptop dan komponen lainnya. Tetapi ingat, lakukan pembongkaran laptop jika kamu paham dan berani saja,lalu keringkan komponenya.

Nah itu dia tips mengeringkan laptop apabila terkena air, kamu tidak perlu panik lagi jika laptop tersiram atau kena air saat sedang digunakan. Kamu bisa melakukanya sendiri bukan? Tetapi akan lebih baik jika kamu lebih hati-hati selama penggunaan laptop. Semoga tips ini mermanfaat sobat, terimaksih telah berkunjung.

Baca Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Laptop Terkena Air"

Post a Comment